Selasa, 24 Desember 2013

Ex.WC Umum Di desain menjadi Rumah Pribadi,London



Seorang arsitek di London, Laura Clark merupakan yang ahli di bidang pemanfaatan ruang. Baru-baru ini, dia berhasil mengubah toilet umum yang sudah tak terpakai menjadi rumah pribadi.

Dilansir Inhabitat,  toilet umum di bawah Crystal Palace Parade yang luasnya 600 meter persegi (m2) diubahnya menjadi hunian yang indah.

Dia menemukan toilet bekas, setelah studinya di Glasgow School of Art rampung, arsitek muda itu memutuskan untuk membuat tantangan sendiri.

"Bagi saya menyelamatkan situs dengan sejarah yang menarik, seperti yang telah ditinggalkan dan dilupakan," katanya.

Akhirnya, dia memutuskan bangunan tersebut akan direnovasi menjadi hunian satu kamar tidur. Dengan bermacam proses, akhirnya toilet bekas tersebut berhasil dibeli olehnya.

Menghabiskan biaya sekira 3.000 poundsterling atau sekira Rp39 juta untuk proses pembelian kala itu, dia akhirnya mulai melakukan renovasi pada 2011.

Mengenai toilet tersebut, merupakan salah satu bangunan tua yang sudah ada sejak 1929. Toilet umum tersebut terakhir kali digunakan pada 1980-an.

Dibantu oleh beberapa orang pekerja, akhirnya bangunan tersebut rampung. Dapur modern, serta ruangan lain yang menampilkan desain khas hasil karyanya. Dibutuhkan 65 ribu poundsterling atau sekira Rp845 juta untuk merenovasi bangunan tersebut.