Minggu, 25 Oktober 2015

Cara Membuat Tangga Yang Nyaman

Hasil gambar untuk desain tangga yang nyaman
Terkadang  kita berjalan pada tangga yang bikin cepat capek namun ketika naik turun tangga lain seakan tidak terasa lelah,  kenapa hal ini bisa terjadi? penyebab utama masalah tersebut seringkali terletak pada bentuk dan ukuran tangga yang tidak sesuai dengan kriteria kenyamanan,
karena bisa jadi dalam membuat konstruksi tangga tidak dibuat gambarnya terlebih dahulu sebagai pedoman pelaksanaan. disinilah tugas Arsitek untuk menerapkan tips cara membuat desain tangga yang nyaman. terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

 Hasil gambar untuk desain tangga yang nyaman

Syarat tangga yang baik
  • Mempunyai struktur yang kuat, tidak retak atau roboh sehingga ketika berjalan diatasnya tidak timbul rasa takut karena membayangkan bahaya keruntuhan tangga.
  • Lebar minimal tangga menyesuaikan lebar badan maksimal orang yang akan melintasi tangga tersebut, rata-rata orang dewasa di Indonesia mempunyai lebar badan 60 cm jadi untuk rumah tinggal bisa membuat tangga dengan lebar minimal 80 cm, tambahan 20 cm untuk ruang kosong.
  • Lebar anak tangga dibuat sekitar 30 cm, hal ini menyesuikan lebar langkah orang dewasa rata-rata 60 cm.
  • Tinggi anak tangga dibuat maksimal 20 cm agar tidak cepat lelah pada saat naik turun tangga.
  • Pada sisi datar bagian sudut diberi step nossing dengan bahan keramik bergaris atau material teksture kasar sehingga tidak menyebabkan terpeleset.
  • Tangga harus selalu dalam keadaan bersih dan terawat sehingga enak ketika melintas, apalagi jika ada kulit pisang berceceran maka bisa menyebabkan terpeleset :-(
  • Bentuk tangga dapat dimodifikasi sesuai selera namun tetap mempertimbangkan syarat nyaman.
  • Warna ruang tangga menyesuikan nilai arsitektur yang hendak ditampilkan.
  • Jika jarak antar lantai terlalu tinggi maka harus mempunyai anak tangga lebar yang berfungsi sebagai tempat istirahat saat berjalan, bagian ini sering disebut sebagai bordes.
 Hasil gambar untuk desain tangga yang nyaman
Contoh gambar tangga
tangga
Pada gambar diatas dapat kita lihat denah dan potongan struktur tangga untuk rumah tinggal 2 lantai dengan struktur beton bertulang, penutup lantai dapat menggunakan keramik untuk hemat biaya atau marmer untuk yang lebih mementingkat estetika tanpa mempersoalkan biaya. demikian uraian tentang cara membuat desain tangga yang nyaman semoga bermanfaat. via: ilmusipil