Rabu, 27 Maret 2013

Beberapa Bangunan Beton Terinspirasi Model Perahu



Perahu menjadi inspiratif bagi desain bangunan rumah.Bentuknya yang lain dari yang lain dengan bangunan yang ada di daratan pada umumnya menjadikan sebagai daya tarik.
Berikut ini ada beberapa bangunan pribadi maupun bangunan umum seperti museum dan concert Hall yang terinspirasi dari bentuk kapal atau perahu yang indah.

1.Bangunan Kapal di Ohio
Di atas tanjung di Pulau Selatan Bass di Danau Erie di Put-in-Bay, Ohio, berdiri bangunan milik pengusaha kapal pengiriman barang The Ford Bensondi danau Great Lakes. Perahu dibangun oleh Henry Ford untuk cucunya bertahun-tahun yang lalu. Setelah lima puluh tahun pelayanan di Great Lakes, Ford Benson dijadwalkan pada tahun 1986 akan dibuang ke Pelabuhan Cleveland, Ohio. Di bagian depan atas perahu adalah kamar bekas ruang kemudi, ruang makan, dapur, dan ruang penumpang dirancang oleh Henry Ford untuk kesenangan sendiri saat melintasi Great Lakes untuk urusan bisnis. (Sumber: Sea-Demam)
The Ship Residence

2.Bangunan Theater di Hungaria






3. Concrete Tall Ship di Korea
 

4.Canada Place, Vancouver Cruise Ship Terminal

Canada Place, Vancouver
Dibangun untuk Expo 86 sebagai paviliun  Kanada dan merupakan  satu-satunya tempat untuk santai yangada di lokasi utama di pantai utara False Creek. Hal ini dapat dicapai melalui jalur Skytrain dan stasiun kereta bawah tanah terdekat di terminus Waterfront. Latar belakang  putih yang mencolok dari bangunan telah membuatnya menjadi tengara terkemuka untuk kota, serta sebagai pengarah ke Sydney Opera House di Sydney, Australia. (Google Earth View)
5. Milwaukee Art Museum
Milwaukee Art Museum
The Calatrava merancang Quadracci Pavilion, gedung-Calatrava dirancang pertama kali  di Amerika Serikat yang pertama kali dibuka untuk umum pada 4 Mei 2001. Pada tanggal itu museum membuka galeri pameran baru, museum lebih besar dilengkapi toko dan auditorium di Paviliun Quadracci. Galeri benar-benar direnovasi dan diinstal ulang untuk koleksi yang indah. (Via Joe Smith)

6.Performing Arts Center, Seoul

Concert Hall ini biasa digunakan untuk berlatih musik pada saat tidak ada pertunjukan concert. Kamar kedua terdiri  dari 1500 kursi  yang  masing-masing berupa megalit yang lebih rendah dari lantai. Mereka berada di ekstremitas pulau dan masing-masing terisolasi dari jalan oleh dua blok yang berkumpul bersamauntuk ruang lokakarya dan ruang latihan, sanitasi publik, kantor dan ruang teknis. Lapisan ganda dari beton melindungi dari suara yang tidak diinginkan seperti  frekuensi rendah yang berasal dari lalu lintas jalan bebas hambatan. Bangunan ini nampak putih dan menyebarkan cahaya yang luar biasa! Bangunan di air ini bagaikan sebuah kapal yang indah dengan pantulan bayang bayang di air.

7. BIG Maritime Museum Denmark

BIG Maritime Museum
BIG [Bjarke Ingels Group], baru-baru ini memenangkan kompetisi [oleh keputusan dengan suara bulat, meskipun mereka tampaknya tidak mengikuti standar yang umum sutu bangunan] untuk merancang Museum Maritim Denmark di Helsingør, DK . Sementara mencari lokasi yang cocok bagi proyek yang diusulkan, perusahaan menemukan sebuah area dengan panjang 150 m , dermaga lebar  25 m , dan  kedalaman 9 m berdinding beton . Gambar ini nampak Castle Kronborg. (Sumber: mny)