Minggu, 04 Agustus 2013

Bangunan Terbesar di Dunia ada di China


di Kota Chendu, Provinsi Sichuan, China telah diresmikan sebuah gedung raksasa yang disebut New Century Global Center. Gedung ini memiliki tinggi 100 meter, panjang 500 meter dan lebar 400 meter, dengan luas bangunan 1,7 juta meter persegi (m2).

Luas itu sama dengan tiga kali luas gedung Pentagon dan cukup untuk memuat 20 Opera House Sydney. China pun mengklaim gedung baru yang mereka miliki sebagai yang terbesar di dunia. 
Menurut pejabat China, New Century Global Center adalah bangunan tunggal yang terbesar di dunia dan memakan waktu pembangunan selama tiga tahun. Gedung ini juga menjadi salah satu mahakarya yang dirancang oleh arsitek perempuan ternama Zaha Hadid. 
"Ini adalah sebuah kota laut yang dibangun oleh manusia," kata seorang pemandu China. Liu Xun, seperti dilansir AFP, Rabu (31/7/2013). 
Dia menambahkan, matahari buatan yang dibuat di dalam gedung akan memberikan cahaya dan kehangatan selama 24 jam nonstop setiap hari. Di dalam New Century Global Center juga terdapat pusat perbelanjaan seluas 400 ribu m2. 
Di lihat dari sisi luas gedung, pernyataan pejabat China tersebut bisa saja diterima. Namun, jika dibandingkan dengan Dubai yang juga memiliki banyak gedung pencakar langit dan mal terbesar di dunia, maka China masih duduk di urutan belakang. Sebab, Dubai memiliki pusat perbelanjaan, The Dubai Mall dengan luas 502 ribu m2 dan memiliki lebih dari 1.200 toko atau tenant di dalamnya.