Kamis, 17 September 2015

Tips Memasang Konblok yang Benar

 
Konblok makin digemari sebagai penutup lantai halaman, teras, atau carport, terutama oleh mereka yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Pasalnya, dengan menggunakan konblok, air hujan akan terserap tanah, yang tentu saja baik buat ketersediaan  air tanah.

 
Konblok yang dicetak di tempat & memasang konblok satuan
Untuk memasang konblok, ada beberapa tips yang harus diperhatikan:
  1. Persiapkan konblok yang akan dipasang. Biasanya konblok dijual per meter persegi, tetapi ada juga yang dijual per buah. Saat membeli, lebihkan 10% dari luas area untuk mengantisipasi konblok yang bakal dipotong di sudut atau bagian di pinggir.
  2. Ukur bagian halaman yang akan dipasangi konblok. Tandai batas menggunakan patok kayu dan tali.
  3. Gali tanah sebatas garis yang telah dibuat. Kedalamannya bisa disesuaikan dengan tebal konblok, biasanya sekitar 15 – 20 cm
  4. Tambahkan batu kerikil sebagai dasar dengan ketebalam 10 – 15 cm. Ratakan dan padatkan dengan alat compactor atau papan yang memiliki permukaan rata. Siramkan air ke atas kerikil sehingga bebatuan tersebut tidak renggang.
  5. Beri lapisan pasir di atas kerikil secukupnya sehingga menutup kerikil, kemudian ratakan dan padatkan. Lapisan pasir ini harus benar-benar rata, supaya permukaan konblok yang dipasang tidak bergelombang.
  6. Pasang konblok sesuai keinginan, dimulai dari bagian yang terdekat dengan rumah atau pintu masuk. Pasang konblok serapat mungkin, sehingga terhindar dari pergeseran posisi. Pastikan permukaan konblok yang dipasang rata. Untuk memastikan permukaan tersebut rata, bisa Anda menggunakan waterpass.
  7. Potong kelebihan konblok di bagian pinggir atau sudut dengan gerinda atau alat pemotong. Untuk memastikan ketepatan potongan, ukur dan beri tanda sebelum melakukan pemotongan.
  8. Padatkan konblok menggunakan mesin perata lantai atau dengan palu kayu besar. Lakukan dengan hati-hati, hingga konblok terpasang dengan baik.
  9. Agar konblok tidak mudah terlepas, bagian luar konblok harus ‘dipagari’ dengan plesteran semen atau  batu bata.
  10. Isi sela-sela konblok (nat) dengan pasir halus. Caranya, taburkan pasir di atas permukaan konblok, kemudian dimasukkan ke sela-sela dengan sapu. Terakhir, konblok harus diratakan ulang.  
 
Sebagai catatan, jika ingin konblok lebih tinggi dari permukaan tanah di sekitarnya, Anda tidak perlu menggali tanah atau menaburi kerikil. Cukup dengan menaburi pasir.Via : rumah.com

Memasang konblok dengan mesin

Video cara pasang konblok dengan mesin