Sabtu, 28 Juli 2012

2 Kondotel akan Dibangun di Bandung


PT Wijaya Karya Realty, anak usaha dari PT Wijaya Karya Tbk  menggarap dua proyek kondotel di Bandung untuk membidik pasar kelas menengah atas dengan harga Rp200 juta- Rp1,2 miliar.

Proyek La Grande Tamansari berlokasi di Jalan Merdeka dikembangkan setinggi 22 lantai yang terdiri dari 345 unit apartemen dan 195 unit kondotel dengan kisaran harga Rp500 juta-Rp1,2 miliar.

Sedangkan proyek kondotel kedua, Panoramic Tamansari berlokasi di Jalan Soekarno Hatta setinggi 25 lantai yang terdiri dari 690 unit kondotel dengan harga berkisar Rp200 juta-Rp400 juta.


Direktur Utama PT Wijaya Karya Realty, Budi Saddewa Soediro mengatakan pemancangan tiang pertama proyek La Grande Merdeka dijadwalkan mulai Juli 2012 dan Tamansari mulai Agustus dengan target pekerjaan selesai dibangun dalam rentang waktu selama dua tahun sesudahnya.


"Kondotel ini dibangun di atas lahan berkisar 6000an M2. Kami menggarap pasar hunian kelas menengah yang cukup kuat pasarnya di Bandung," ujarnya, Selesa 26 Juni.
Dia menambahkan pasar hunian vertikal di Bandung sudah makin kuat karena gaya hidup perkotaan di ibukota Jawa Barat itu sudah harus mengarah ke atas.

Hal itu, lanjutnya, disebabkan lahan yang makin terbatas, sedangkan populasi dan tingkat kesejahteraan masyarakat kelas menengah di Bandung makin meningkat.
Budi menjelaskan untuk membangun proyek La Grande diperkirakan menghabiskan total biaya Rp273 miliar dan Rp82,5 miliar untuk proyek Panoramic Tamansari.
Manajemen Wijaya Karya Realty mempercayakan pengelolaan kondotel itu kepada operator hotel Best Westen setelah hunian bertingkat itu beroperasi.

Berapa Cicilan KPR-nya?
Bagi konsumen yang berminat membeli kondominium hotel milik Wijaya Karya Group itu dengan pola KPR dari perbankan diperlukan kemampuan mencicil sebesar Rp1,72 juta per bulan untuk apartemen seharga Rp200 juta. Hal itu didasarkan pada perhitungan calon pembeli membayar uang uang sebesar 20% dengan pokok pinjaman Rp160 juta yang diperhitungkan dengan KPR selama 15 tahun dengan besaran bunga kredit 10%.


Kalau membeli apartemen dengan harga Rp400 juta tentu besaran cicilan KPR menjadi dua kali lipat. Akan tetapi bisa lebih besar lagi kalau untuk unit berharga Rp400 juta itu merupakan unit dengan luas di atas 70 M2 yang akan dikenakan kewajiban membayar uang muka minimal 30%.
.kreditproperty.com