Jumat, 06 Juli 2012

BakrieLand Tawarkan Kondotel dengan ROI 20 %


PT Bakrieland Development Tbk membangun Kondotel The Ocea di kawasan superblok Rasuna Epicentrum, Jakarta untuk membidik pasar menengah atas dengan harga berkisar Rp750 juta hingga Rp2 miliar.
Kondominium hotel itu dikembangkan setinggi 32 lantai dengan jumlah 324 unit untuk tipe studio atau satu kamar dan dua kamar.
Direktur Pelaksana Bakrieland bidang Properti Perkotaan Agus J. Alwie mengatakan proyek itu mengambil luas ruang lahan di Rasuna Epicentrum seluas 1,25 hektare.
"Tipe unitnya luas 31 M2, 42 M2 hingga 63 M2. Kalau harga kami menawarkan dari Rp750 juta hingga sekitar Rp2 miliar,” ujarnya, Jumat 29 Juni. Sebagaimana konsep kondotel yang dijual kepada pembeli untuk dikelola kembali dengan memberikan imbal hasil kepada pemilik, maka Bakrieland memberi jaminan imbal hasil sebesar 20% untuk dua tahun pertama bagi pembeli unit Kondotel Ocea.
Pembelian itu dilakukan secara pre sales karena bangunan fisiknya baru akan diserah terimakan kepada pembeli atau investor dalam jangka waktu dua tahun mendatang.


Menurut Agus, penawaran yang diberikan pihaknya sangat menarik bagi pasar sekalipun membeli dengan pola KPR dari perbankan.
"Kami memberikan ROI [return of investment] 10% per tahun yang berarti di atas bunga KPA yang ditawarkan Bank BTN sebesar 7,24%."
Dalam hal ini, lanjutnya, sekalipun konsumen menggunakan KPA dari BTN yang menyediakan bunga kredit 7,24% tetap saja untung dengan jaminan imbal hasil dari pihaknya.


Untuk pengembangan proyek hunian vertikal baru itu, ungkap Agus, pihaknya akan menggelontorkan biaya investasi sekitar Rp350 miliar dengan sumber pendanaan,  di antaranya 30 dari dana sendiri dan sisanya dari gabungan pinjaman perbankan dengan hasil penjualan secara pre sales.

Berapa Cicilan KPR-nya?
Berdasarkan simulasi KPR yang dilakukan Kreditproperty, untuk membeli kondotel ini dengan harga Rp750 juta diperlukan kemampuan mencicil Rp5,53 juta per bulan. 
Hal itu mengacu pada asumsi pembeli membayar uang muka sebesar 20% dengan pokok pinjaman KPR sebesar Rp600 juta dengan tingkat suku bunga sebesar yang dijanjikan oleh BTN sebesar 7,24% selama 15 tahun.
Akan tetapi kalau ingin membeli unit dengan harga Rp2 miliar dibutuhkan kemampuan mencicil Rp18,42 juta per bulan dengan menggunakan asumsi yang sama. 

Kondotel Ocea tidak terkena aturan wajib uang muka 30% yang dikenakan terhadap hunian dengan luas di atas 70 M2.kreditproperty.com