Jumat, 06 Juli 2012

Lomba Desain Gedung Hall of Fame Istana Bogor Berhadiah Rp120 Juta






Kementerian Pekerjaan Umum dengan Ikatan Arsitek Indonesia menggelar lomba rancang Gedung Balai Kirti (Hall of Fame) untuk Istana Bogor dengan total hadiah uang tunai mencapai Rp120 juta.
Bagi arsitek yang berminat mengikuti lomba ini sudah harus memasukan karya rancangannya pada 14 Agustus tahun ini dengan pengumuman pemenang lomba sudah disiarkan pada 17 Agustus atau tiga hari sesudah tenggat waktu penyerahan karya peserta lomba.




 Dalam risalah lomba itu yang dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum disebutkan, tahapan lomba dimulai dengan penjelasan teknis dan peninjauan lapangan pada 2 Juli, menyerahkan karya kepada panitia pada 14 Agustus, penjurian pada 15-16 Agustus dan pengumuman pemenang pada 17 Agustus.
Menurut Panitia, hasil lomba ini akan ditindak lanjuti dengan pembangunan fisik gedungnya untuk penyimpanan dan pameran benda-benda bersejarah yang terkait dengan perjalanan bangsa Indonesia.


Selama ini telah banyak kebijakan yang diputuskan dan ditetapkan oleh para presiden yang mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang tidak teradmininstrasikan pada sebuah gedung penyimpanannya.
Berbagai benda kenangan seperti foto, buku, lukisan, benda seni, catatan, dan berbagai peninggalan yang terkait dengan kebijakan yang telah diambil oleh pemimpnan bangsa ini banyak berserakan dimana-mana.
Keberadaan Gedung Balai Kirti yang akan dibangun dari hasil proses lomba perancangan ini diharapkan bisa menyimpan dan memamerkan benda-benda bersejarah tersebut.



Rusa yang berkeliaran jadi ciri khas Istana Bogor
Gedung itu disiapkan memiliki kapasitas daya tampung sebanyak 3.000 pengunjung per hari untuk ruang pameran dan koleksi tetapnya.
Kegiatan lomba ini dikoordinasikan langsung oleh Ikatan Arsitek Indonesia dengan menunjuk dewan juri dari kalangan arsitek senior, seperti Prof. Slamet Wirasondjaja, Prof. Gunawan Tjahjono, Prof. Sandi A. Siregar, dan Guratno Hartono. 


Lomba desain gedung yang akan dibangun di lingkungan Istana Bogor itu menyediakan hadiah untuk pemenang pertama sebesar Rp75 juta, kedua sebesar Rp30 juta dan pemenang ketiga sebanyak Rp15 juta.
Berminatkah anda? Silahkan mencoba peruntungan dalam lomba yang bernilai sejarah dan heroik ini karena karya pemenang akan diabadikan sebagai bagian dari komplek Istana Bogor.
kreditproperty.com