Rabu, 25 Juli 2012

Prinsip Desain Rumah Bernuansa Resor yang Nyaman



Resor pada umumnya telah ditata oleh para ahli desain arsitek dengan nyaman yang mempertimbangkan semua unsur kebutuhan manusia pada umumnya untuk santai, istirahat dan dekat dengan alam. Bagaimana kalau kesan ini kita bawa ke desain rumah kita, tempat melepas penat setelah seharian bekerja ? 
 
Bagi Anda yang menyukai suasana resor, tentunya tidak asing dengan suasana refreshing yang hadir dari suatu tempat resor, bahkan saking berkesannya, kesan hunian yang refreshing itu seringkali ingin kita bawa ke hunian rumah kita. Tentunya hal ini bukanlah hal yang mengherankan.

Bukankah kita sangat ingin rumah kita menjadi rumah dimana kita ingin menjadi segar setelah bekerja seharian, atau bagi ibu rumah tangga merasa huniannya memberikan kesehatan yang dibutuhkan bagi keluarga, serta memberikan kesan yang 'hidup' bagi mereka yang mengunjungi rumah kita.

Ruang luar yang teduh rindang, namun tetap stylish dan modern, merupakan pilihan desain dalam hunian-hunian modern dewasa ini. Perpaduan yang harmonis antara alam, bangunan dan aktivitas manusia, menciptakan lingkungan paling ideal bagi manusia, yang menyegarkan. Pada masa ini, kita membutuhkan kesegaran diantara kesibukan kerja yang semakin menuntut vitalitas prima.

Bahkan aktivitas yang sudah biasa dilakukan, seperti misalnya makan, dapat menjadi sesuatu yang refreshing karena didukung oleh suasana. Hal ini dapat kita adopsi dalam perencanaan hunian rumah tinggal kita agar memiliki efek yang sama.

Ruang kecil yang dapat dibuat secara maksimal mendukung suasana menyegarkan, seperti misalnya kolam ikan kecil ini, dimana ikan-ikan berenang dan menjadi sesuatu yang indah dilihat, dalam lingkungan kecil rumah kita.

Kualitas tempat-tempat resort yang memiliki kualitas unik biasanya memang dibuat dengan berbagai pendekatan, misalnya meskipun bangunannya biasa-biasa saja, bahan bangunannya yang unik. Biasanya tempat-tempat resort memiliki ketenangan tempat dan suasana yang menjual. Tengok saja, resort selalu dibuat dengan taman-taman yang rindang teduh, gunanya agar kita merasa dekat dengan alam. Menghirup udara segar, bermain air kolam, berendam di jacuzzy atau kolam khusus outdoor, atau sekedar menikmati santapan khas ala resort.
Karakter dari tempat-tempat resort memang selalu dekat dengan alam, sekaligus tetap stylish dan trendy.

Resort-resort yang dibangun dengan konsep modern banyak yang memadukan unsur alam dengan penampilan bangunan yang unik. Hal yang sama sering diterapkan juga dalam desain hunian bernuansa resort, yang memadukan unsur alam dengan gaya modern yang tidak terlihat usang.


Merencanakan ruang-ruang sebagai pelengkap dalam hidup kita dengan menyertakan area yang dapat menjadi 'pelepas penat penglihatan', boleh jadi merupakan modal utama dalam desain rumah sehat sekaligus indah.
Dari :  astudioarchitect.com